PETTIS

Hasil gambar untuk petis 

    
Madura merupakan salah satu pulau penghasil Petis yang cukup terkenal. Bahan pangan yang biasa dijadikan sebagai bumbu rujak ini diproduksi di beberapa tempat. Di Pamekasan misalnya, pabrik Petis yang cukup terkenal ada di Desa Konang Kec. Galis, dan Kec. Pasean. Petis biasanya digunakan sebagai bahan atau bumbu rujak. Baik itu rujak lontong, rujak krupuk, maupun rujak buah. Apalagi saat musim mangga seperti sekarang. Para penjual Petis akan dikunjungi banyak konsumen. Sebab setiap musim buah seperti Mangga, Kedongdong, Belimbing, masyarakat Madura akan rujak bersama hampir setiap hari.
Petis merupakan hasil samping dari proses pakan  yang mengandung ikan atau udang yang dipanaskan hingga airnya habis dan bentuknya menjadi seperti pasta dan padat. Ada berapa jenis petis: Ada 2 jenis petis: Ikan dan udang. Kedua jenis petis ini berbeda cita rasanya karena bahan baku yang digunakan berbeda. Dalam pembuatanya baik petis udang dan ikan sering kali ditambahkan gula merah yang sudah dijadikan caramel. Karena itu, warna petis menjadi cokelat kehitaman dan rasanya agak manis.


Hasil gambar untuk petis 
Petis Madura


Hasil gambar untuk petis
 Petis yang sudah dipindah kemasan


Hasil gambar untuk petis 
Petis biasanya dimakan dengan cemilah tahu atau kripik

 
Hasil gambar untuk petis 
Petis biasanya sebagai bahan untuk membuat sambel
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar